Senin, 07 Januari 2013

Antisipasi Gempa dan Tsunami BNPB Bangun Escape Building

Guna mengantisipasi gempabumi dan tsunami di Sumatera Barat, BNPB membangun escape building atau bangunan evakuasi  tahan gempa di Komplek Kantor Gubernuran Sumatera Barat. Escape building ini merupakan salah satu contoh escape building yang  terintegrasi dengan bangunan-bangunan yang memiliki fungsi lain, seperti kantor, tempat ibadah, pasar, dan dan lain sebagainya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dr. Syamsul Maarif, M.Si, meresmikan escape building yang berlokasi di lingkungan Kantor Gubernur Sumatera Barat, Rabu, (2/1). Escape building yang berfungsi selain untuk perkantoran dan pelayanan masyarakat juga sebagai bangunan evakuasi apabila terjadi tsunami memiliki total luas bangunan 7.670 m2. 

Bangunan yang dialokasikan dalam rehabilitasi dan rekonstruksi sektor infrastruktur tahun 2011 mampu mnerima goncangan gempa berkekuatan 10 SR.

Melalui teknologi isolation rubber bearing, bangunan akan bergoyang pelan sehingga mencegah kerusakan di dalam bangunan dan guncangan yang minim dapat mengurangi kepanikan orang-orang di dalamnya selama gempa terjadi.

Escape building berteknologi seismic isolation yang dikhususkan untuk evakuasi dan berada pada lantai 4 memiliki luas total 2.646 m2. Perhitungan daya tampung yang dapat diakomodasi pada lantai tersebut sejumlah kurang lebih 5.000 orang. Bangunan ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendaratan helikopter atau helipad pada bagian atap.  
Peresmian escape building ini merupakan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa bumi 30 September 2009 yang mencakup sektor perumahan, infrastruktur, sosial ekonomi produktif, dan gedung pemerintahan. Pada kesempatan yang sama, ini juga menandai berakhirnya tugas Tim Pendukung Teknis (TPT) yang telah bekerja keras selama 3 tahun sejak 2010.

Pada acara ini, Kepala BNPB didampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat,serta jajaran Pejabat Eselon I dan II di lingkungan BNPB meninjau hingga ke lantai paling atas escape building. Hadir pula Ketua DPRD Provinsi, Bupati dan Walikota, pejabat TNI/Polri dan para Kepala SKPD se-Sumatera Barat serta pihak swasta.  

Sumber By http://www.bnpb.go.id/website/asp/berita_list.asp?id=1149

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar