Jumat, 14 Desember 2012

Wisata Pantai Papuma Jember


Papuma merupakan salah satu pantai unik yang ada di Indonesia. Papuma melengkapi daftar pantai di Indonesia yang terkenal dengan keindahannya. Bentuk batuan karangnya yang terkadang tak masuk akal tergambar jelas dan menakjubkan bisa anda temukan di Pantai Papuma.
Pantai Papuma terletak di desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Gugusan batu karangnya berada di tengah laut dan tentu menjadi daya tarik khas Pantai Papuma. Dari kota Jember anda harus menempuh perjalanan sekitar 45 km ke arah Selatan. Pantai ini juga memiliki suhu udara antara 25-32 derajat celcius.
Di Pantai Papuma ada batu karang tinggi di lepas pantai. Karena bentuknya yang tinggi, karang ini dinamakan Siti Hinggil (bahasa jawa:dataran tinggi). Untuk bisa melihat keindahan laut lepas Pantai Papuma dari Siti Hinggil, anda bisa menyewa perahu nelayan. Batu karang dengan ketinggian lebih dari 50 mdpl dapat anda gunakan untuk melihat pemandangan objek wisata Gua Lawa (bahasa Jawa: Gua Kelelawar) yang memiliki kedalaman lebih dari 30 mdpl. Gua Lawa ini dapat dicapai pada saat air sedang surut. Konon, lokasi ini merupakan tempat bertapanya Kyai Mataram.
Karang 50 meterAda yang lebih mempesona selain jejeran karang, yaitu pasir putih dan panorama matahari terbenam (sunset) semakin menambah keindahan yang sempurna. Jangan terlewat, adacagar alam hutan tropis di sekeliling pantai yang selalu digunakan untuk Pekan Raya setiap tanggal 1-10 Syawal dan Larung Sesaji.
Sebagai pantai yang memiliki banyak keindahan alam dan telah dikelola sebagai tempat wisata,Pantai Papuma sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut berupa taman bermain, tempat kemah, souvenir, warung makan dan minum, kantor pengelola, musala, MCK, dan Tempat parkir. Bagi yang ingin menginap, ada banyak penginapan yang bisa Anda sewa.

Akses menuju Pantai Papuma

Akses jalan menuju pantai ini sudah bagus dan beraspal. Pantai ini bisa di tempuh dengan menggunakan mobil, motor maupun menyewa mobil dengan harga sekitar Rp.150.000,-. Sebenarnya, segala jenis kendaraan bisa melewati jalan ini. Namun, hingga saat ini pengelolaan dan pengembangan Papuma terkesan dilakukan sekadarnya. Padahal kalau saja kawasan ini dikembangkan dengan baik, bukan tidak mungkin mampu mendatangkan pendapatan yang tidak kecil, baik untuk pemerintah daerah maupun Perhutani sebagai pemiliknya.
Perhutani baru-baru ini kehilangan Tangkubah Perahu sebagai aset karena tidak bisa mengelola dengan optimal. Atau, demi pengelolaan tempat wisata lebih profesional sebaiknya diswastakan saja. Bisa anda lihat, Indrayanti yang tadinya banyak sampah kini menjadi bagus dan rapi bahkan ada yang mengatakan sekelas dengan Pantai Kuta Bali.

Promosi Kerajinan Khas Jember

Banyaknya wisatawan yang mengunjungi Papuma setidaknya bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan hasil kerajinan masyarakat dan makanan khas Jember. Sedang Perhutani sebagai pengelola sekaligus pemilik wisata Papuma, jelas akan mendapatkan keuntungan dari pendapatan penjualan atau penginapan.
Dibanding dengan pantai di sebelahnya yaitu Watu Ulo, Papuma memiliki sejumlah kelebihan. Di antaranya, gelombang ombak di pantai dengan pasir putihnya ini tidak terlalu besar sehingga memungkinkan anak-anak atau pengunjung bisa menikmatinya sambil bermain-main di pantai. Lokasinya cukup luas (50 hektar) dan bisa dijadikan tempat bersantai wisatawan. Ada juga monyet-monyet hutan bisa menambah eksotika Papuma.

Sisi Lain Pesona Papuma

Keindahan Papuma tidak hanya sebatas itu. Pada sisi lain dari kawasan ini, terdapat pantai dengan hamparan batu-batu kerikil. Pada bagian atas dari pantai berkerikil atau tepatnya di atas bukit, berdiri sebuah gubuk yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati hamparan luas laut selatan. Memang sangat disayangkan, potensi Papuma yang begitu indah, tapi belum digarap optimal.
Peta menuju Pantai Papuma
Peta Pantai Papuma
Sumber By http://obyekwisataindonesia.com
Tercatat, dari sekian turis asing ada sepasang turis asal Perancis yang berkunjung ke pantai Papuma dan menyatakan bahwa keindahan pantai Papuma memang sangat eksotik. Mereka betah  berlama-lama di pinggiran lantai hanya untuk menyaksikan anak-anak mandi di laut.”Pantai ini sangat indah dan sejuk. Saya lihat di pinggiran itu banyak pohon dan hutan. Sungguh sangat nyaman untuk dinikmati”, kata mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar