Jumat, 14 Desember 2012

Wisata Kepulauan Derawan


Derawan merupakan satu diantara sekian banyak pulau di Kalimantan. Di sekitar pulau Derawan juga terdapat pulau-pulau kecil hingga membentuk gugusan kepulauan Derawan. Karena pesona lautnya yang luar biasa, Derawan menjadi salah satu tempat wisata favorit di wilayah timur Indonesia khususnya di Kalimantan Timur.
Kalimantan sendiri adalah pulau terbesar di negara kepulauan Indonesia dan juga terbesar ketiga di dunia setelah Greenland dan New Guinea. Kata “Kalimantan” berasal dari bahasa Melayu kuno yang berarti “Sungai dari Diamond”. Bagian Utara Kalimantan termasuk wisalayah Serawak Malaysia dan Brunei Darussalam. Suku asli Kalimantan yang terkenal adalah Suku Dayak. Selain Dayak,masih banyak sub etnis lain di Kalimantan. Suku di wilayah timur Kalimantan terdapat suku Kayan – Kenyah Dayak yang tinggal di Kalimantan Timur sepanjang Sungai Mendalam.
Kalimantan merupakan pulau yang dilalui garis khatulistiwa. Musim hujan dimulai sekitar November hingga April dan musim kemarau berlangsung dari Mei hingga Oktober. Namun,di  sekitar Kalimantan terkadang ada hujan sebelum, ketika,dan sesudah musim kemaraunya. Suhu udara rata-rata di Kalimantan Timur adalah sekitar 25 Celcius – 35 derajat Celcius.

Kota Persinggahan sebelum ke Derawan

Mengunjungi Derawan, rasanya kurang lengkap jika tidak singgah di beberapa kota Kalimantan Timur yang juga terkenal tempat wisatanya. Beberapa kota yang layak disinggahi atau hanya sekedar transit saja diantaranya Balikpapan, Berau dan Tarakan.
Balikpapan terkenal dengan produksi minyak, dimana Pertamina mendominai perusahaan minyak di Balikpapan. Balikpapan menyumbang total produksi minyak dalam jumlah besar skala nasional. Ada banyak ekspatriat atau pekerja luar negeri tinggal di Kota Balikpapan, dan kebanyakan dari mereka bekerja di perusahaan minyak lokal atau perusahaan minyak luar negeri.
Di Balikpapan, anda bisa menggunakan jasa agen perjalanan (travel) untuk mampir ketempat wisata seperti Crocodile Farm di Teritip, kebun sayur, pasar tradisional untuk berburu kerajinan asli dayak, dan wisata kota lain di sekitar Balikpapan. Untuk memanjakan lidah, anda bisa menemukan banyak restoran makanan laut yang menghidangkan Kepiting Saus Cabai atau Kepiting Goreng dengan bawang putih.
Berau.  Kota ini menggunakan falsafah pengembangan kota yang bertumpu pada industri perdagangan dan kayu sebagai roda utama ekonomi lokal. Berau adalah salah satu tempat terdekat dari hutan hutan yang menyebar di sepanjang wilayah Kalimantan. Transit dari Berau, untuk mencapai Derawan anda bisa berlayar di sepanjang sungai Berau dengan perahu. Di Kalimantan khususnya Berau, sungai menjadi moda transportasi paling populer.
Kedua sisi sungai terletak di hutan mangrove dengan berbagai tanaman bakau tropis dan merupakan  kesempatan yang baik untuk bisa melihat monyet hidung merah dan ular bakau. Perjalanan Ini membutuhkan waktu sekitar 50 menit untuk pelayaran sungai. Dan masih perlu 1 jam perjalanan menyusuri pantai-pantai di Kalimantan Timur mangrove untuk mencapai Derawan.
Tarakan. sebuah pulau kecil terletak di sebelah timur Kalimantan Timur, dekat Tawao, Malaysia wilayah. Tarakan telah menjadi kota transit populer untuk perdagangan internasional antara Indonesia dan Malaysia pelaku bisnis, situasi ini mendorong munculnya hotel-hotel baru di sekitar kota. Jika Anda ingin membeli produk Malaysia tertentu seperti makanan ringan, produk susu, dan produk toilet Tarakan akan menjadi tempat yang sempurna untuk itu. Diperlukan waktu sekitar 3 jam dengan perahu untuk mencapai Derawan dari Tarakan.

Pulau di Kepulauan Derawan

Sebagai gugusan pulau yang menarik, terdapat beberapa pulau di Derawan yang sayang untuk dilewatkan. Setidaknya terdapat empat pulau di kepulauan Derawan seperti Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua.
Di Pulau Derawan, anda bisa menemui penyu pada setiap penyelaman di Derawan, penyu juga ditemukan datang di darat setiap malam untuk berkembang biak. Ada juga tokek yang sering dijumpai tepat di bawah cottage dan restoran.
Pulau Kakaban berbentuk seperti danau raksasa di tengah laut. Danau raksasa ini terbentuak belasan ribu thaun silam melalui proses geologi. Di Pulau Kakaban terdapat banyak diving point dan yang paling terkenal adalah Barracuda diving point. Di Kakaban banyak terdapat ubur-ubur.
Pulau Maratua menawarkan pertunjukan megangkan seperti pertunjukan di Colosseum Roma.  Banyak binatang laut bisa anda temui seperti barakuda, ikan hiu biru, karang emas dan merah. Ekosistem alami ini sering kali memperlihatkan bagaimana kawanan ikan pemangsa memburu ikan-ikan kecil yang menjadi makannya.
Pulau Sangalaki memiliki koloni ikan Manta Ray (ikan pari/pee). Ikan ini tidak terganggu dengan kehadiran penyelam. Namun anda harus berhati-hati karena ikan ini bisa menyetrum anda. Ikan berukuran dari 3,5 meter hingga yang raksasa dengan panjang 6 meter.

 Akses ke Pulau Derawan

Jika berangkat dari Jakarta, gunakan penerbangan ke Balikpapan dan dilanjutkan ke Tanjung Redep, Berau. Dari Tanjung Redep menggunakan perjalanan darat ke penyeberangan Tanjung Batu. Dari Tanjung Batu, Pulau Derawan dapat dicapai menggunakan speedboat. Speed boat adalah transportasi praktis untuk mengunjungi pulau-pulau di Derawan.

Akomodasi di Kepulauan Derawan

Untuk menuntaskan kunjungan di Derawan, anda bisa memilih akomodasi dari yang murah hingga yang mahal. Travel agent biasanya melayani wisatawan mancanegara menawarkan harga dalam dolar, untuk domestik tawar saja pakai rupiah. Penginapan berupa homestay harga sewanya berkisar sekitar Rp 100.000,- . Banyak Homestay tersebut adalah rumah penduduk setempat yang sudah dimodifikasi. Jika menginginkan yang lebih mewah, anda bisa memilihi bungalow dengan kisaran harga Rp 300.000,- hingga jutaan rupiah. Anda tertarik? Ayo langsung saja berlibur ke Pulau Derawan dan nikmati keindahannya.

Sumber By http://obyekwisataindonesia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar