Jumat, 14 Desember 2012

Wisata Eksotik di Pulau Tidung


Wisata Eksotik di Pulau Tidung

Pulau Tidung (Foto: Mutya/Okezone)
Pulau Tidung (Foto: Mutya/Okezone)
PULAU Tidung memiliki hamparan pasir putih yang membuat pantainya menjadi cantik. Air laut kebiruan yang jernih memungkinkan para wisatawan untuk melihat lebih jauh ke dasar air yang terdapat ikan-ikan cantik atau terumbu karang.

Kepulauan Seribu bukan saja memiliki keindahan bawah air, sehingga menjadi salah satu tujuan terfavorit versi majalah National Geoghraphic 2009 lalu. Salah satunya di Pulau Tidung, pulau ini masih dalam wilayah DKI Jakarta dan dapat menjadi alternatif tujuan pantai selain Pantai Ancol.

Pulau Tidung sendiri sebenarnya terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar merupakan salah satu pulau terbesar di antara pulau-pulau lain di kepulauan seribu. Sementara, Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni.

Waktu tempuh mencapai Pulau Tidung tidak terlalu lama. Dengan kapal dari Muara Angke, Jakarta, waktu yang diperlukan sekira 2-3 jam. Jadwal kapal menuju Pulau Tidung sekira pukul 06.30 WIB, karenanya jangan sampai terlambat agar Anda tidak ditinggal. Karena perjalanan melalui air, maka Anda akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang indah.

Cara lain menuju Tidung adalah dengan kapal bout predator dari Pantai Marina Ancol, dengan Kapal bout hanya akan memakan waktu 1-2 jam perjalanan.

Jembatan Cinta

Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dihubungkan oleh jembatan yang menjadi ciri khas dari pulau ini. Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta ini menjadi salah satu tempat yang biasa dikunjungi bagi para wisatawan.

Panjang jembatan ini kira-kira 800 meter. Dari jembatan yang terbuat dari kayu ini, wisatawan dapat melihat pemandangan di dalam air laut, seperti terumbu karang dan ikan-ikan yang lincah berenang pada sisi-sisi jembatan.

Pengunjung bisa berjalan-jalan sekaligus menikmati birunya air laut yang iringi dengan terumbu karang berwarna–warni serta ikan yang imut-imut. Panorama sunset dan sunrise turut membuat Pulau Tidung semakin menawan.

Selain itu, di Jembatan Cinta ini pengunjung bisa melompat dari jembatan (lompat indah) dengan ketinggian kurang lebih 6 meter dari permukaan laut yang di sebut dengan Lompat Tidung. Anda juga dapat menguji keberanian dengan melompat ke dalam laut dari Jembatan Cinta yang tingginya sekira 10 meter. Aktivitas tersebut biasa dilakukan para pengunjung Pulau Tidung.

Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Tidung, antara lain bersepeda mengelilingi pulau, pantai, atau menyusuri Jembatan Cinta. Rumah-rumah sederhana milik penduduk, tanaman-tanaman yang ada di depan rumah, tumbuhan rimbun di sisi jalan, dan pohon kelapa di sekitar pantai menciptakan suasana berbeda dari perkotaan. Aktivitas yang menyenangkan sekaligus sebagai sarana membugarkan tubuh yang letih.

Snorkeling merupakan kegiatan yang tepat dilakukan di Pantai Tidung. Airnya yang jernih membuat Anda dapat menikmati keindahan aneka makhluk hidup yang ada di bawah air, beserta terumbu karang yang ada.

Banana Boat dan kano merupakan permainan air yang dapat dicoba di sekitar pantai Pulau Tidung. Berenang di dekat pantai dengan anak-anak akan membuat mereka menikmati rekreasinya. Pantai yang dangkal dan airnya yang bersih layak menjadi tempat main untuk anak.

Jika Anda memutuskan untuk menginap di pulau ini, jangan lupa juga melewatkan malam Anda untuk BBQ di depan penginapan atau di pinggir pantai. Menikmati ikan bakar dan makanan laut lainnya sambil ditiup udara malam pantai yang sejuk dan debur ombak pasti akan membuat selera makan bertambah.

Tempat penginapan di pulau ini bukanlah resor atau hotel mewah. Para pengunjung pulau ini dapat menginap secara homestay. Rumah-rumah penduduk disewakan untuk para wisatawan yang ingin menikmati pulau ini.

Anda dapat memilih apakah ingin menginap di kamar dengan AC atau tanpa AC. Walau tidak semewah hotel atau resor, penginapan di Pulau Tidung cukup bersih dan yang pasti harganya tidak memberatkan kantong. Enjoy Jakarta! (adv)

Sumber By http://travel.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar