Jumat, 14 Desember 2012

Cuaca Dingin ??? Solusinya Tetap Fit



PERNAHKAH Anda merasakan nafsu makan Anda meningkat saat cuaca sedang dingin? Atau kondisi tubuh Anda menurun saat musim penghujan tiba? Anda tidak perlu khawatir. Lakukan beberapa langkah berikut untuk menjaga tubuh tetap fit.
 
Saat perubahan cuaca dari kemarau menjadi hujan. Biasanya tubuh Anda akan membutuhkan banyak penyesuaian. Cuaca dingin juga kerap menjadi penyebab menurunnya kekebalan tubuh, sehingga membuat Anda mudah jatuh sakit. Cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan bugar di musim penghujan, demikian yang dilansir Idiva.
 
Anda bisa mengonsumsi makanan dengan bumbu pedas ternyata dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuat Anda lebih hangat. Sehingga tubuh Anda tidak perlu membakar kalori terus- menerus.
 
Jika mengalami sakit tenggorokan, Anda bisa mengonsumsi sup ayam atau sup jamur hangat. Keduanya ampuh membantu mengurangi iritasi pada tenggorokan. Kaldu hangat dengan sayuran atau mi gandum bisa menjadi pilihan yang sehat.
 
Saat musim hujan, sinar matahari tentu akan jarang bersinar. Pastikan Anda mendapatkan cukup sinar matahari, jika matahari pagi sedang bersinar. Sinar matahari membantu dalam produksi hormon serotonin yaitu hormon kebahagiaan. Tubuh Anda mengalami defisit serotonin di musim dingin karena tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, sehingga seringkali memicu Anda mudah marah.
 
Vitamin E dan asam lemak omega-3 dalam kacang-kacangan baik dikonsumsi saat cuaca dingin. Nutrisi dalam kacang-kacangan membantu Anda untuk mencegah kekeringan kulit dan menjaga kekenyalan kulit.
 
Salah satu penyakit yang sering menyerang saat cuaca dingin adalah flu. Beberapa penelitian di seluruh dunia telah membuktikan efektivitas bawang putih dalam meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Anda bisa mengonsumsi yang dicampur dalam makanan, dimakan segar atau dalam bentuk obat. Bawang putih benar-benar bekerja sebagai agen antibiotik yang kuat, anti-virus, dan anti-jamur yang bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.
(tty)


Sumber By Niken Anggun Nuraini Okezone
Foto Edit Self

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar