Minggu, 24 Februari 2013

Satuan Karya Pramuka Bahari

 


TNI Angkatan Laut sebagai Komponen Utama dalam Sistem Pertahanan Semesta adalah sebagai penegak kedaulatan dan hukum di laut juga mengemban tugas Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Negara di Laut.

Dalam Tugas Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut, TNI Angkatan Laut telah melaksanakan berbagai kegiatan yang mengarah pada partisipasi aktif membina para generasi muda melalui program-program kemasyarakatan dan kepemudaaan yang menitik beratkan pada upaya-upaya peningkatan kesadaran bela negara dalam rangka mewujudkan 

Persatuan dan Kesatuan Bangsa.Salah satu bentuk nyata dari upaya tersebut adalah melaksanakan pembinaan Satuan Karya Bahari (Saka Bahari) yang merupakan pembinaaan terhadap generasi muda bangsa secara nasional terarah dan terpadu melalui Gerakan Pramuka dengan kegiatan-kegiatan yang memiliki makna informatif, produktif dan inovatif bagi kepentingan bangsa.

Saka Bahari adalah wadah bagi pramuka yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian termasuk Laut dan Perairan dalam. Satuan karya ini membidangi Bidang Kelautan. Pembinaan Saka Bahari merupakan sinergitas kegiatan/program TNI AL dengan kementrian/kelembagaan, profesional dan berbagai instansi lainnya di bidang olahraga air, dan kelautan.Kenyataan sejarah menunjukkan bahwa Pemuda Indonesia mempunyai "saham" besar dalam pergerakan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia serta ada dan berkembangnya Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia. Dalam perkembangan Pendidikan Kepanduan itu tampak adanya dorongan dan semangat untuk bersatu, namun terdapat gejala adanya berorganisasi yang Ber-Bhinneka.

Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penggalang Terap, Pramuka Penegak dan Pandega, dan para pemuda usia 14-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Saka memiliki beberapa krida, dimana setiap Krida mengkususkan pada sub bidang ilmu tertentu yang dipelajari dalam Satuan karya tersebut. Setiap Krida memiliki SKK untuk TKK Khusus saka yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di sebuah Saka.

Satuan Karya Pramuka juga memiliki kegiatan khusus yang disebut Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka (PERTISAKA) yang dilaksanakan oleh tiap-tiap saka dan kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama lebih dari satu saka yang disebut perkemahan antar saka (PERAN SAKA) dimana dimungkinkan tiap saka mentransfer bidang keilmuan masing-masing. Bagian terkecil dari saka disebut krida.

Satuan Karya Pramuka Bahari adalah wadah bagi Pramuka yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian termasuk laut dan perairan dalam. Ialah Satuan Karya yang membidangi bidang Kelautan.Pembinaan Saka Bahari bekerjasama dengan pihak TNI AL, Profesional di bidang Olahraga Air, Departemen Pariwisata, Departemen Kelautan.Departemen Perikanan, Umumnya Saka Bahari hanya berada di wilayah yang memiliki potensi di bidang Bahari.Saka Bahari meliputi 4 krida, yaitu :

  1. Krida Sumberdaya Bahari
  2. Krida Jasa Bahari
  3. Krida Wisata Bahari
  4. Krida Reksa Bahari


Source : Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Dispotmar TNI AL

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar