Jumat, 22 Februari 2013

Wisata Bahari Unik Pulau Moyo Eksotis di Sumbawa

Indonesia memiliki kepulauan yang eksotik dan menjadi wisata andalan. Salah satunya Sumbawa, di sana terdapat pulau-pulau indah seperti Pulau Moyo, Pulau Medang, Pulau Panjang, Pulau Liang, Pulau Ngali dan Pulau Rakit. Pulau Moyo sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang berada di sisi utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo menjadi salah satu tujuan wisata kelas dunia. Bahkan, banyak selebritis mancanegara untuk berwisata sekedar mencari ketenangan. Meskipun kecil, pulau yang eksotik dan tenang ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Konon, Lady Diana & Michael Philip “Mick Jagger” pernah berlibur kesana. Bagi yang baru pertama kali ke sana, sebaiknya anda menggunakan jasa pemandu wisata supaya tidak tersesat.
Pulau Moyo telah diciptakan dengan berbagai pemandangan indah. Setidaknya, berikut adalah lima hal yang menjadikan Moyo sebagai incaran wisatawan:


Air Terjun Brang Rea & Mata Jitu



Ketinggian dataran di Pulau Moyo bervariasi dari 0-648 m di atas permukaan laut (dpl).Air terjun Brang Rea terletak di tengah pulau menjadi daya tarik tersendiri bagi turis. Di sepanjang jalan menuju air terjun, Anda akan menjumpai beraneka macam burung dan salah satu di antaranya adalah megapodius. Di Air Terjun Brang Rea, Anda dapat berenang bebas. Kalau bernyali, bahkan anda dapat mencoba lompat dari titik atas air terjun.

Underwater

Jika anda punya sertifikat snorkeling/diving atau hanya uji nyali, berbagai jenis terumbu karang dan ikan hias yang beranekaragam dapat Anda nikmati. Boleh dikatakan kondisi karang yang mengelilingi seluruh pulau masih dalam keadaan baik dan belum rusak. Kalau beruntung, Anda juga bisa bertemu Hiu dengan panjang ± 2 meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta ray (ikan pari). Hobi menyelam bisa juga dilakukan di Pulau Medang yang terletak tidak jauh dari Pulau Moyo tepatnya di sisi barat laut. Pemandangan bawah laut di tempat ini tak kalah indahnya.

Surga Pecinta Burung

Jika anda adalah seorang pecinta burung maka tak salah mengunjungi Pulau Moyo. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Banyak spesies burung langka juga bisa ditemukan di sini, seperti Kakatua berkepala kuning serta burung Gosong (megapodius). Burung Gosong ini sungguh unik karena mengandalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.

Kupu-kupu

Sebagai penanda masih lestarinya pulau seluas kurang lebih 30.000 hektar ini. Anda dapat bertemu ratusan kupu-kupu akan terlihat dari balik semak belukar, pepohonan atau di tengah padang savana. Ternyata kerajaan Kupu-kupu tidak hanya di Bantimurung. Keindahan alam plus beraneka kupu-kupu tentu memberikan suasana damai dan jauh dari hingar-bingar perkotaan.

Gua Ai Manis

Gua ini merupakan tempat bersarangnya ratusan kelelawar dan surga bagi para ilmuwan. Pulau ini juga dihuni 21 jenis kelelawar, burung, macaque, babi liar, rusa dan ular. Gua ini berada di tengah hutan. Hutan yang cantik dan nyaris tak tersentuh, air terjun dan sungai-sungai yang menggoda, serta keindahan bawah laut yang eksotik. Selain hiking di hutan, menyusuri sungai dan air terjun. Okey, nikmati indahnya Pulau Moyo.
Sumber By http://obyekwisataindonesia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar