Jumat, 14 Desember 2012

Peserta Pelayaran Asia-Jepang Kunjungi Kwarnas Gerakan Pramuka 2012


Pelayaran Asia-Jepang

446972_edit.jpg
Siaran Pers Kwarnas Gerakan Pramuka 
 
Peserta Pelayaran Asia-Jepang 
Kunjungi  Kwarnas Gerakan Pramuka
 
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada Rabu (28/11) menerima kunjungan 90 peserta The Ship for Southeast Asia Youth Program (SSEAYP) 2012. SSEAYP merupakan program pelayaran pemuda dengan rute Yokohama-Ho Chi Minh City-Bangkok-Singapore-Jakarta-Muara-Tokyo.
Berlayar selama sekitar 53 hari sejak tanggal 23 Oktober hingga 14 Desember 2012. Pada perjalanannya peserta mengikuti kegiatan Country Program di setiap negara yang disinggahi, seperti pada 27-30 November 2012 peserta mengunjungi Indonesia.
Setelah sehari sebelumnya diterima Presiden SBY dan Gubernur DKI Jakarta. Tepat pada hari ini, sebanyak 90 peserta mengikuti kegiatan “Intitutional Visit” salah satunya kunjungan ke Kwarnas Gerakan Pramuka selain ke Museum Bank Mandiri dan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) di Jakarta.
Peserta yang hadir di Auditorium Kwarnas disambut oleh Kak Amoroso Katamsi, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Organisasi dan Kerjasama dan Kak Jana Thahjana Anggadiredja, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pendidikan dan Penelitian serta Pramuka Penegak dan Pandega dari Racana Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta.
Gerakan Pramuka yang sudah berpartisipasi sejak kegiatan pertama ini diluncurkan pada tahun 1974 dengan mengikutsertakan anggotanya, pada tahun 1978 juga tercatat ikut serta dengan Kak Jana sebagai salah satu alumni peserta SSEAYP tahun 1978, “waktu itu saya peserta mewakili Gerakan Pramuka bersama Kak Yetti,” Ungkap Kak Jana.
Lebih lanjut Kak jana juga menceritakan kenangan dan kesan selama mengikuti kegiatan “Kenangannya banyak sekali karena ada misi dari negara Asian dan Jepang yang pada waktu itu untuk membuat hubungan lebih baik dimasa yang akan datang. Tujuannya mencari pemimpin di masa datang sifatnya seperti diplomat, karena setiap sampai disuatu negara peserta diajak bertemu kepala negara, menteri dan sebagainya,” jelas Kak Jana lebih lanjut.
“Saran saya memang jatah tidak mungkin banyak, tetap ikuti seleksi tapi kan ada kesempatan seleksi di daerah, ambil dan ikuti, siapa tahu terpilih, meski tidak mewakili Kwarnas tapi kan mewakili Gerakan Pramuka,” tambah Kak Jana. Sebab menurut Kak Jana kegiatan ini juga sebagai ajang mengetahui kegiatan kepramukaan di negara lain.
Tahun ini ada tiga peserta dari Indonesia yang mewakili Gerakan Pramuka, yaitu dari Sulawesi Selatan, Lampung dan NTB.  Rohaya Rahmadani atau Aya yang berasal dari NTB mengaku senang dapat mewakili Indonesia pada kegiatan SSEAYP. “Selain dapat memperkenalkan budaya saya juga bangga sebagai anggota Gerakan Pramuka dapat ikut kegiatan seperti ini,”
 
Untuk informasi lebih lanjut, tersedia di laman (website)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar