Kamis, 13 Desember 2012

Pasar Terapung Lok Baintan


(Berita Daerah - Kalimantan) Kalimantan Selatan menyimpan potensi wisata yang menarik, salah satunya adalah Pasar Terapung Lok Baintan, Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, perbatasan Banjarmasin. 

Pasar yang satu ini sangat unik merupakan pasar terapung dimana masyarakat disana menggunakan sungai sebagai sarana mengangkut hasil produksi pertanian dan perkebunan. Masyarakat di Lok Baintan menjualnya diatas hasil buminya diatas perahu. Disepanjang hulu sungai  Martapura transaksi jual beli berlangsung.Untuk menuju lokasi ini kita bisa melewati daratan dengan kendaraan mobil  dan perahu sewa sekitar 250.000 selama 2 jam perjalanan.

Aktivitas pasar terapung ini dimulai dini hari jam 3 pagi sudah mulai perahu-perahu berisi hasil bumi melewati sungai martapura ini. Puncak keramaian dipasar ini sekitar jam 6 pagi sampai jam 7 pagi. Selepas jam itu mulai berkurang perahu dagangan yang melewati sungai ini.

Sistem perdagangan di pasar terapung Lok Baintan masih berlakunya tukar barang alias barter. Jadi sangat tradisional dan mereka saling bertukar barang di atas perahu yang terapung di Sungai.
Sangat menarik dan berkesan ketika kita dapat melihat perahu dagang kecil berisikan hasil bumi dan umumnya yang melakukan transaksi di perahu ini Ibu-ibu.
Lok Baintan, menjadi satu obyek wisata yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Banjar dan mulai dikenal oleh wisatawan lokal.

Sumber by (Handi/FH/bd)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar