Jumat, 14 Desember 2012

Membedakan Bakso Daging Sapi & Babi ?


Bagaimana Membedakan Bakso Daging Babi & Sapi?

detail berita
Bakso (Foto:solopos)
PEMBERITAAN mengenai bakso daging babi masih marak di berbagai media massa. Konsumen diharuskan waspada dengan mengenali ciri-ciri di antara keduanya.

Menurut Executive Chef Pearl Restaurant Hotel JW Marriott, John Chu, bisa dibedakan ciri antara bakso daging sapi dan bakso daging babi, bahkan bila keduanya dicampurkan.

"Sejahatnya orang untuk mengelabui konsumen, bakso dengan campur daging babi mudah ditebak, apalagi kalau bakso sudah direbus," katanya ketika dihubungi Okezone, Jumat (14/12/2012).

Dia menjelaskan, bakso daging babi memiliki warna yang lebih terang, tepatnya keabuan, karena tergolong white meat. Sementara, bakso daging sapi cenderung berwarna daging lebih pekat karena termasuk red meat.

Diakuinya, pedagang bakso memakai daging babi hutan lantaran jauh lebih murah ketimbang daging babi ternak. Warna daging babi hutan juga menyerupai warna daging sapi.

"Meskipun daging babi dicampur dengan daging sapi, tetap saja hasil akhirnya akan mudah diketahui," lanjutnya.

Agar tidak salah memilih, ada baiknya cium dahulu bakso yang akan disantap, apalagi bila belum terdapat sertifikasi halal. Menurut Chef John, campuran daging babi dan daging sapi akan bisa dicium bau khasnya, sekuat apapun rempah-rempah yang digunakan.

Setelah itu, rasakan teksturnya. "Daging babi memiliki kadar lemak yang tinggi, meskipun lemaknya dipisahkan. Alhasil, bakso yang sudah matang ketika dipegang akan sangat berminyak walaupun dicampur dengan daging sapi dengan komposisi lebih sedikit," tutupnya.
(ftr)
Sumber By 
Johan Sompotan - Okezone

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar