Jumat, 14 Desember 2012

Kota Sungai Metropolis Banjarmasin





 "Kota Banjarmasin ini akan menjadi sangat indah dan menarik jika pemerintah dan masyarakat Banjarmasin mengubah keberadaan sungai menjadi lebih baik, lebih hidup, dan berfungsi sebagaimana mestinya .

Sebuah gambaran kota sungai Metropolis sebutan Kota Sungai,yang tertata rapi datanglah ke "Tanah Banjar," yaitu Banjarmasin.

"Kota ini sangat menawan banyaknya sungai yang melingkari berbagai wilayah dan kalau itu dimanfaatkan akan memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan kota ini.

Bila sebuah kota dengan ketersediaan air bersih mencukupi dipastikan kota tersebut akan menjadi hunian dan perkembangan perkotaan yang nyaman,lantaran air bersih sarana vital kehidupan termasuk menarik investasi.


"Lihat Kota Singapura yang tidak memiliki sumberdaya alam tetapi mampu menyediakan air bersih dengan cukup dan fasilitas lainnya akhirnya kota tersebut menjadi kota metropolis.

Lihat juga kota Bangkok, dimana sungai ditata sedemikian rupa hingga menjadi sebuah objek wisata yang menarik telah berhasil menciptakan kota tersebut sebagai kota tujuan wisata dunia.
Melihat kenyataan tersebut sebenarnya Kota Banjarmasin bisa mengejar kemajuan kedua kota ternama di dunia tersebut, tentu dengan memanfaatkan sungai dengan sebaik-baiknya.

Apalagi Banjarmasin memiliki jumlah sungai yang melebihi dari kota-kota yang disebut di atas, sebenarnya memiliki kelebihan tersendiri, tinggal bagaimana pemerintah kota ini menciptakannya lebih menarik lagi.

 "Kelebihan kota ini adalah keberadaan pasar terapung yang alami yang tidak ditemui daerah lain.

Selain Pasar Terapung, Banjarmasin juga memiliki kampung terapung, industri berbasis sungai, pemukiman di bantaran sungai, dan aneka budaya berkaitan dengan sungai yang semuanya menjadi daya pikat bagi semua orang.

Wisata menarik bagi masyarakat kota tentunya dan menarik bagi wisatawan mancanegara...

Dalam gambaran...Membangun sejumlah dermaga pada titik strategis menghidupkan kepariwisataan sungai tersebut.Dermaga dimaksud juga mengembalikan kejayaan angkutan sungai,  seperti lokasi siring sungai Jalan Tendean dan Ujung Murung.

Dalam gambaran adanya dermaga...dan halte sungai...siring siring serta  taman...tempat duduk bersantai...sambil menikmati pemandangan,,disampingnya...ada kilauan lampu yang terang menerangi tepian sungai...
Siang dan malam aktivitas masyarakat  menjadi eksotis terindah kota sungai...Menjadikan suasana tepian kota sungai..yang indah tidak kalah dengan kota yang sudah maju...
Mereka yang melalui angkutan sungai bisa singgah di dermaga dekat jembatan kemudian bepergian lagi lewat angkutan darat kemana mereka mau, dengan demikian maka menghidupkan angkutan sungai maupun angkutan darat,
 
Dengan adanya dermaga baik didekat banyaknya  jembatan  maka akan memudahkan masyarakat bepergian kemana-mana, baik melalui angkutan sungai maupun angkutan darat.
Keberadaan dermaga itu akan memperkuat keberadaan pariwisata air sebab orang akan mudah bepergian kemana-mana melalui air, harapannya Banjarmasin bisa menjadi kota metropolis sungai menarik seperti layaknya Bangkok di Thailand, Hongkong, atau Vinesia Italia.
Sehingga nantinya akan menjadi Banjarmasin Kota Sungai Metropolis..


Sumber : ANT, Jodhi Yudono

Edit : Didik P

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar