Jumat, 22 Februari 2013

Sepuluh Kategori Tempat Wisata Pantai Favorit Anda ?

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah lautan yang luas. Garis pantai Indonesia termasuk yang paling panjang di seluruh dunia. Oleh karena itu, Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam yang berupa pantai. Pantai-pantai di Indonesia sebagian berombak kecil karena letaknya dihimpit oleh pulau-pulau yang lebih besar di sekitarnya. Sementara itu, tempat wisata pantai di Indonesia pada umumnya menghadap laut lepas yang berombak besar.
Liburan ke obyek wisata pantai di Indonesia dapat dihabiskan dengan cara berjemur di pantai, menyelami keindahan dunia bawah laut, berselancar menantang ombak yang ganas, snorkling di garis pantai, maupun sekedar jalan-jalan santai sambil mengabadikan gambar tempat wisata pantai yang indah. Sebelum pulang liburan, jangan lupa membeli oleh-oleh khas daerah setempat. Berikut ini daftar 10 tempat wisata pantai terpopuler dan paling indah di Indonesia menurut TempatWisata.Web.Id:

1. Pantai Kuta di Pulau Bali

Pantai Kuta di Bali bisa dikatakan sebagai tempat wisata pantai sejuta umat karena popularitasnya yang telah mendunia. Pantai Kuta dianggap sebagai obyek wisata di Bali yang lebih merakyat dibanding beberapa tempat wisata di Bali lain seperti Pantai Jimbaran dan Nusa Penida. Bersama dengan kebudayaan Bali yang eksotik, Pantai Kuta menjadi daya tarik utama pariwisata Bali yang telah dikenal oleh turis domestik maupun turis asing.

2. Pantai Ancol di Jakarta

Pantai Ancol adalah salah satu ikon tempat wisata di Jakarta. Pantai ini menjadi tempat liburan bagi masyarakat Jakarta dari beragam tingkat ekonomi. Pantai Ancol sering dimanfaatkan sebagai pusat hiburan rakyat dengan layanan bertarif murah dan kesan meriah. Beragam pertunjukan seni dilangsungkan di Pantai Ancol sebagai penunjang pariwisata Jakarta. Meski demikian, wisatawan tetap bisa mendapatkan layanan eksklusif karena Pantai Ancol telah dilengkapi fasilitas resort wisata yang menjamin privasi wisatawan.

3. Pantai Senggigi di Lombok

Pariwisata Pulau Lombok bukan hanya berupa pendakian Gunung Rinjani yang fenomenal di kalangan backpacker. Wisatawan dapat mengunjungi Pantai Senggigi yang berpasir putih dan lebih ramah lingkungan. Pantai Senggigi di Pulau Lombok merupakan satu diantara sejumlah tempat wisata di Pulau Lombok lainnya seperti Gili Meno, Gili Trawangan, Gili Air, maupun Tanjung Aan. Obyek wisata Pantai Senggigi saat ini makin populer seiring dengan makin banyaknya wisatawan yang menyeberang dari Pulau Bali ke Pulau Lombok.

4. Tanah Lot di Bali

Liburan ke Pulau Bali serasa belum lengkap kalau belum mengunjungi Tanah Lot. Daya tarik utama obyek wisata di Bali ini berupa pura suci yang berdiri di sebuah pulau kecil di tepi pantai. Untuk sampai di pura Tanah Lot, wisatawan harus berjalan kaki menyeberangi pantai dangkal. Terdapat sejumlah ritual keagamaan yang harus dilakukan oleh wisatawan sebelum bisa jalan-jalan santai di area pura suci. Keindahan alam Bali dan kelestarian budaya Bali mendorong setiap wisatawan berkunjung ke Tanah Lot.

5. Pantai Klayar di Pacitan

Jika selama ini Anda berpikir pemandangan alam geyser hanya bisa dinikmati di New Zealand, maka sebaiknya Anda berlibur ke tempat wisata di Pacitan yang bernama Pantai Klayar. Pantai Klayar memiliki daya tarik utama berupa semburan air laut alami yang memancar dari celah batu karang. Tempat wisata di Jawa Timur ini merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Pacitan. Pantai Klayar merupakan tempat wisata di Indonesia yang semakin sering dijelajahi oleh para backpacker akhir-akhir ini.

6. Seven Beaches in One Zone di Jogjakarta

Lupakan Pantai Parangtritis sejenak karena Jogjakarta sekarang memiliki ikon wisata bahari baru yang bernama Seven Beaches in One Zone. Tujuh tempat wisata pantai di Jogjakarta tersebut adalah pantai Baron, pantai Slili dan Ngandong, pantai Krakal, pantai Kukup, pantai Sundak, pantai Sepanjang, dan pantai Drini. Ketujuh pantai indah tersebut terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Tempat wisata pantai di Yogyakarta tersebut giat dipromosikan oleh Pemerintah Daerah setempat dan mendapat respons yang bagus dari kalangan wisatawan.

7. Delapan Pantai Indah di Malang

Sama seperti halnya Jogjakarta yang mengandalkan Seven Beaches in One Zone, Kabupaten Malang memiliki deretan pantai-pantai indah di wilayah pantai yang menghadap ke lautan lepas Samudera Hindia. Berturut-turut membujur dari arah barat ke timur, tempat wisata pantai di Kabupaten Malang tersebut adalah Pantai Ngliyep, Pantai Balekambang, Pantai Wonogoro, Pantai Bajul Mati, Pantai Sendang Biru, Pantai Lenggosono, Pantai Sipelot, dan Pantai Licin.

8. Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan tempat wisata di Sukabumi yang memiliki banyak fungsi. Selain sebagai tempat liburan menjelajahi keindahan alam sekitar pantai, pantai yang berada di Teluk Pelabuhan Ratu ini juga menjadi tujuan wisata religi. Sebagian wisatawan berkunjung ke Pantai Pelabuhan Ratu untuk mengobati rasa penasaran mereka terhadap kamar hotel yang diyakini sebagai tempat pertemuan dengan sosok gaib Nyai Roro Kidul. Tempat wisata di Jawa Barat ini pun memiliki pemandangan alam yang indah dengan beberapa formasi batu karang yang unik.

9. Pantai Iboih di Pulau Weh

Pantai Iboih di Pulau Weh adalah salah satu tempat wisata di Aceh yang menjanjikan ketenangan bagi setiap wisatawan yang mengunjunginya. Pantai Iboih memiliki pemandangan alam pantai yang menakjubkan. Obyek wisata di Aceh ini menyediakan fasilitas liburan berupa bungalow yang menghadap laut dan restoran makanan tradisional Aceh. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Iboih bisa berenang di air laut yang jernih maupun menyelami keindahan dunia laut. Keramahan penduduk Desa Iboih akan menyambut setiap kunjungan wisata di Pulau Weh ini.

10. Pantai Lagoi di Pulau Bintan

Pantai Lagoi merupakan tempat wisata di Pulau Bintan untuk mereka kalangan jutawan. Layanan hotel dan restoran di Pantai Lagoi menggunakan standar internasional dan mata uang Dollar Singapura. Sebagai imbal baliknya, setiap wisatawan dapat menikmati privasi liburan dengan nyaman. Obyek wisata di Kepulauan Riau (Kepri) ini memiliki pemandangan alam senja yang indah. Banyak wisatawan asing berkunjung ke Pantai Lagoi karena panorama alamnya yang memukau. Keindahan Pantai Lagoi dikatakan mampu mengalahkan eksotisme Pulau Dewata Bali.

Inilah daftar Sepuluh tempat wisata pantai terindah di Indonesia. Pantai manakah favorit Anda?

Keyword : 10wisata pantai, pantai, pantai-pantai, Indonesia
Sumber By http://log.viva.co.id/news/read/372813-wisata-pantai-terindah-di-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar